Search

Memunculkan Thumbnail Pada WIndows 7

Beberapa waktu yang lalu saya laptop tercinta saya si Unyil, sempet bermasalah dan sering ngehang. Masalah utamanya adalah sedikitnya kapasitas Drive C. Sehingga ketika saya asyik bermain Photoshop, tiba-tiba muncul peringatan kalo Scratch Disk is Full. Sebel?? Banget... Apalagi saat desain saya tidak bisa disave karena space C sisa berapa megabyte aja. Akhirnya saya mengirim si Unyil untuk direparasi dirumah ortu (memindah space D yang terlalu besar ke C). Dan saat beberapa hari kemudian si Unyil pulang, saya puas karena sudah tidak ada masalah lagi. Tapi...Oh my God!!

Saat membuka windows explorer, saya panik ketika semua gambar tidak muncul thumbnailnya. Hanya kotak yang sangat tidak jelas. Virus? Mungkin... Atau ada problem ketika ortu menginstall ulang windowsnya? Atau ada file dalam Windows yang rusak? Saya bingung dan panik. Apalagi ini bener-bener menghambat Online Shop saya, karena saya hanya hapal semua file dari gambarnya bukan dari nama filenya.

Cukup lama saya bertahan dengan keadaan ini. Berbulan-bulan lamanya, Sampai akhirnya saya sadar kalo saya harus melakukan sesuatu, hal yang harusnya sudah saya lakukan dari awal. Bertanya kepada Mbah Google. Dan apa yang saya temukan???

Saya bener-bener tidak percaya kalo ternyata selama ini saya salah. Saya tidak perlu menginstall ulang Windows karena ternyata cara memunculkan thumbnail adalah sangat sangat sangat mudah saudara-saudara!

Adapun langkah sederhana untuk bagaimana mengatasi gambar thumbnail tidak muncul di windows 7 adalah sebagai berikut :
  1. Buka Windows Explorer. Kemudian klik menu Organize yang biasanya ada di sebelah kiri atas.
  2. Pilih menu Folder and search options.
  3. Pada jendela yang muncul, klik tab menu View.
  4. Hilangkan centang yang ada di Always show icons, never thumbnails.
  5. Berik centang pada Display file icon on thumbnails.
  6. Klik Apply atau OK.
Setelah pengaturan diatas, seharusnya icon gambar yang tidak muncul saat thumbnail sekarang sudah dapat muncul kembali. 

UPDATE!


Jika sudah melakukan langkah diatas namun thumbnail tidak juga muncul, dapat dicoba dengan langkah berikut ini dengan cara mengubah Performance Options :

  1. Klik tombol Windows, klik kanan pada Computer kemudian pilih Properties.
  2. Kemudian pada window yang muncul, perhatikan menu sebelah kiri klik menu Advanced system settings.
  3. Kemudian pilih tab Advanced dan klik tombol Settings... pada bagian Performance.
  4. Kemudian centang bagian Show thumbnails instead of icons. Klik OK atau Apply.
Percayalah, Sesuatu yang mudah memang tidak dapat kita remehkan begitu saja. Dengan memiliki sedikit saja keterampilan namun itu sangat berguna jika kita share kepada orang lain yang mungkin saja membutuhkan.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^

1 komentar:

Web Designers Pitampura

very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

Post a Comment