Search

Virus Shortcut Pada Flashdisk

Kemarin, sebuah virus tak diinginkan menyerang laptop saya. Sekilas, virus ini hampir sama dengan virus lain seperti Brontox, karena gejalanya sama yaitu munculnya shortcut. Tapi, anehnya shortcut yang muncul hanya ada pada Flashdisk saja. Setelah saya cari di harddisk, tak ada satupun shortcut yang muncul.

Karena belum percaya apakah ini virus atau bukan, saya format FlashDisk saya, lalu saya eject dan masukkan lagi. Tapi shortcut itu masih saja muncul. Akhirnya saya yakin 120 % bahwa ini adalah virus.

Tanpa pikir panjang, saya pun segera gugling, mencari tahu tentang virus yang satu ini. Karena selama ini, virus shortcut hanya membuat shortcut sama persis dengan folder yang ada ditempat ia berada. Sedangkan virus yang sedang menyerang ini, selain hanya terdapat pada Flashdisk, ia juga menghilangkan semua folder saya, dan membuat shortcut baru dengan nama Document, Music, Picture, Video, Password, serta beberapa file shortcut dengan nama random seperti xyz, fdh, kgs, dll.

Ternyata, virus ini memang sedang beken beberapa waktu ini. Saya menemukan sejak bulan Agustus, banyak artikel yang memuat kasus serupa. Tapi, dari sekian banyak artikel, mereka menyebutkan nama virus dan solusi menghapus masing-masing. Karena bingung harus percaya yang mana, akhirnya saya memilih jalan tengah yaitu 'mencoba semuanya' :D

Hasilnya? GAGAL. Semua artikel yang saya temukan dari hasil pencarian dengan kata kunci menghapus virus shortcut flashdisk sudah saya coba tapi tak ada satupun yang berhasil. Entah karena ini jenis virus yang serupa tapi tak sama, atau karena ketidaktahuan saya saja.

Lalu apa yang saya lakukan? Tentu saja mengambil pilihan terakhir, yaitu FORMAT ulang dan Install ulang WINDOWS. hufftthh... Lelah memang, tapi bagaimana lagi?

Ada yang punya solusi lain??

1 komentar:

dinoo blogging

saya juga sama, akhir2 ini flash muncul virus shortcut, semua folder hilang berubah menjadi shortcut ukuran 1 kb, mungkin kl pake antivirus spt avira, ga bisa kembali normal foldernya, pakai antivirus lokal mas, seperti smadav

Post a Comment