Search

Novel Edita Kaye - The Diet

Pertama kali aku disuguhi buku The Diet karya Edita Kaye ini, aku hanya melihatnya sekilas dan tak tertarik sama sekali. Karena aku pikir, orang kurus seperti aku ngapain baca buku tentang cara diet yang baik dan benar? Kalau ada buku tentang bagaimana cara menambah berat badan, mungkin aku baru excited buat membaca.

Tapi, si pemilik buku tetap keukeuh memaksaku untuk membacanya. Akhirnya dengan malas aku membaca resensi di bagian belakang buku dan... Aku Tertarik!

Ternyata ini bukan buku tips dan trik untuk ber-diet... Ini sebuah novel! Aku yang memang gemar membaca dan pecinta novel pun otomatis langsung meminjamnya disertai dengan cengiran si pemilik buku yang tak henti-hentinya bergumam, "dari tadi kan aku udah bilang itu novel..."

Buku ini merupakan sebuah buku tips untuk diet yang dikemas cantik dalam sebuah kisah yang inspiratif. Tentang seorang wanita bernama Cate yang berjuang melawan dirinya sendiri dan berat badan. Ia langsing, sukses, koki terkenal, dan pemilik Cate's Cookery. Awalnya, Cate menjalani hidup yang sempurna. Keluarga. Cinta. Popularitas. Ia mendapatkan semua itu karena makanan dan bersembunyi dibalik bayang-bayang kematian ibunya yang disebabkan juga oleh makanan. Hingga suatu hari, makanan juga yang merenggut segalanya. Ia terjebak kenikmatan candu makanan. Ia makan dan terus makan hingga berat badannya semakin bertambah. Ia kehilangan suami, anak, karier, dan hampir kehilangan nyawanya. Ia kehilangan semua kecuali lemaknya. Kenyataan bahwa ibunya meninggal karena kelebihan lemak dan kecanduan makanan pun terus menghantuinya. Lalu, suatu alam keajaiban terjadi... Cate menemukan The Diet.

Beberapa fakta menarik yang aku dapatkan dari buku ini:
- Satu kata mutiara inspiratif dari Eleanor Roosevelt : "Kamu harus melakukan sesuat yang menurutmu tak mampu dilakukan."
- Diet berasal dari bahasa Yunani diaita, yang berarti sebuah jalan hidup (kok agak nggak nyambung yah?)
- Makanan non-kalori bisa menekan tombol lemak dan tidak memicu rasa lapar.
- Protein itu membakar lemak (kayaknya ilmu ini sudah ada sejak di bangku sekolah dulu. Tapi mungkin saat diajarkan guru, aku sedang ijin ke kamar kecil atau malah nggak masuk sekolah :P)
- Karbohidrat tak selamanya mengandung kalori yang bisa menimbulkan lemak
- Ada karbohidrat yang sama sekali tidak mengandung kalori dan melewati sistem pencernaan tanpa diserap, yaitu serat diet

Dan seperti kehidupan wanita lainnya, The Diet dilimpahi dengan tawa dan air mata, harapan dan pertolongan, dan lebih dari semua itu... Cinta.

Tertarik untuk segera ikut ber-diet? Monggo segera hunting di toko buku atau perpustakaan terdekat. Dan bagi yang posisinya dekat denganku, boleh saja kalau mau meminjam... Mumpung novelnya masih ada di tanganku nih :D

Gambar dipinjam dari sini

2 komentar:

akuadalahbinatangjalang

wah bagus nih...thanks ya udah rekomendasiin :D
salam kenal

ino putro

penerbitnya apa'an gan??

Post a Comment