Search

Membuat dan Menerjemahkan Tulisan Alay Dengan "ALAY" Text Generator

Alay... Sepertinya topik ini sudah agak basi untuk dibahas. Tapi karena kemarin saya menemukan sebuah situs translator yang bernama "Alay" Text Generator, hati saya tergerak untuk membuat postingan khusus tentang bahasa baru di kalangan ABG ini.

Sebagian orang bilang Alay singkatan dari Anak Lebay, tapi ada juga yang mengatakan Alay adalah kependekan dari Anak Layangan. Artinya sih Anak ABG yang tingkahnya berlebihan dan sok asik. Malah ada yang berpendapat kalo salah satu contohnya anak-anak ini selalu ngerasa paling tahu tentang musik. Sok suka dengerin Bullet for My Valentine, tapi kalau Kangen Band manggung suka heboh sendiri. Hahahaha... Emang gitu ya?

Salah satu ciri khas Alay ini adalah model tulisannya. Entah karena terlalu jenius, sehingga anak ABG sekarang pintar membuat huruf dan kosakata baru, tapi jujur saya sendiri termasuk salah satu korban yang sampai sekarang anti dengan tulisan ini. Bukannya apa-apa, tapi buat saya tulisan ini cukup memusingkan untuk dibaca, dan saya butuh waktu beberapa detik untuk mengerti maksudnya (apa saya yang terlalu o'on ya?)


Kalau tidak salah ada 3 macam tulisan Alay: HuRUf bEsAr keCil, P4k3 4n9k4, dan Disngkt-sngkt biar pndk. Memang, fenomena Alay ini muncul karena adanya situs-situs jenjaring sosial seperti Friendster, Facebook, dan Twitter. Tapi untuk bentuk ketiga (Disngkt-sngkt biar pndk), sudah kita temui beberapa tahun lalu didalam SMS kan?

Saya juga baru ingat, dulu semasa SMP, fenomena Alay ini sempat tersebar disekitar saya. Nggak banyak sih, mungkin hanya kalangan tertentu, dan saya salah satunya. hehehe... Tapi saat itu, tulisan ini kami gunakan dalam menulis buku Diary. Jadi tujuannya agar Diary kita tidak terbaca oleh orang lain. Bentuk tulisannya pun beragam tergantung sang pemilik. Jadi suka-suka dia saja mau pake tulisan gimana. Kalau saya sih, waktu itu suka pake perpaduan angka dengan simbol. Jadi contohnya gini:
SARAH =  84%4#
Lebih sulit kan? Memang tujuannya buat kode rahasia kok. :P

Saya memang sekarang anti Alay. Tapi saya tidak berniat untuk menghapus peradaban Alay didunia ini. Biarkan saja mereka berkreasi sesuka hati. Kalau ABG sih wajar saja, karena mereka lagi belajar GAUL. Tapi kalau seumuran saya sih... Tolong ya pake bahasa yang biasa saja. Nggak malu tah, tua-tua masih Alay? Hehehee... piss.

Nah! Karena itu, saya sangat salut dengan pembuat "ALAY" Text Generator. Karena dia pandai sekali membaca pasar, dan trend masyarakat sekarang. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa situs ini adalah situs penerjemah khusus bahasa Alay. Disana ada 3 macam bentuk seperti yang saya bilang diatas.

Penggunaannya juga mudah, mirip banget dengan translator lain. Tool ini benar-benar mempermudah kita yang ingin belajar menjadi Alay, atau yang terpaksa harus membaca tulisan Alay. Dan walaupun sepertinya sang pembuat adalah kelompok Anti Alay (terbukti dari headernya yang sangat menampakkan ketidaksukaannya pada Alay), generator ini tetap Alay abis deh! :)

2 komentar:

si Paijah

ayaya ada juga alay filter nais inpo

Andrea Kugy

apakah paijah juga Alaymania?

Post a Comment