Search

Arti dan Fungsi Kolom CC dan BCC pada Email

Ketika kita hendak menulis email, kita akan dihadapkan pada kolom-kolom Kepada, Cc, Bcc, dan Judul. Tetapi tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui dengan jelas maksud dan fungsi kolom-kolom tersebut, terutama kolom Cc dan Bcc.

Sebenarnya untuk apa sih kolom-kolom tersebut? Memang, hanya cukup dengan mengisi kolom Kepada dan Judul saja, email kita bakalan sukses terkirim. Tapi tak ada salahnya kan jika kita mengenal lebih lanjut fitur-fitur dalam email kita?

Mari kita telaah bersama-sama:

Kolom Kepada: Ini sudah jelas, difungsikan untuk menulis email tujuan kita. Kepada siapakah email tersebut akan kita kirim? Dalam hal ini, penerima bisa lebih dari dua pihak, dan cara penulisan alamat email-nya dipisahkan dengan tanda titik koma (;)
Mis: budi@yahoo.com;bambang@yahoo.co.id;udin@hotmail.com

Kolom Cc: Merupakan kependekan dari Carbon Copy, Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Budi, dan saya ingin pula Bambang menerima salinan email tersebut. Budi tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Bambang (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya.

Kolom Bcc: Kependekan dari Blind Carbon Copy. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.

Kolom Judul: Ini sudah jelas, kolom untuk mengisi judul email kita. Yah, sebagai pengantar agar sang penerima tahu isi dari email kita sebelum membaca isi keseluruhannya.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui fungsi dari kolom-kolom tersebut kan? Ini berarti sekarang kita bisa memaksimalkan penggunaan email kita.

^_^

0 komentar:

Post a Comment