Search

Cara Mengirim Naskah Cerpen Lewat Email ke Majalah

Sekarang ada cara lebih cepat dan simple untuk mengirimkan cerpen hasil karya kita ke majalah. Yaitu lewat Email. Selain murah diongkos (tanpa biaya amplop, print, dan ongkos kirim), dengan email cerpen yang kita kirim bakalan cepet banget nyampe hanya dalam hitungan detik.


Dibawah ini ada beberapa tips yang pelu diperhatikan dalam mengirim cerpen lewat email:


- Satu file = satu naskah. Lebih baik kita menganut pedoman itu. Jangan satukan beberapa naskah di dalam satu file. Karena ini akan membuat si redaktur repot karena harus memisah -misahkan naskah tersebut ke dalam file yang berbeda-beda.


- Tempatkan juga masing-masing lampiran di dalam file yang berbeda-beda. Seperti lampiran biodata penulis, file image berisi KTP yang telah di-scan, dan seterusnya. Jangan lupa, beri nama file yang mencerminkan isi dari file tersebut. Misalnya, untuk biodata bisa diberi nama file “biodata.doc” Jangan sampai terjadi, dalam satu file terdapat beraneka ragam isi, mulai dari naskah cerpen, biodata, dan seterusnya. Ini akan sangat merepotkan tugas si redaktur.


3. Jangan menempatkan naskah, biodata dan sebagainya di badan email. Tempatkan semua itu pada file attachment. Badan email hendaknya hanya berisi kata pengantar dari Anda untuk si redaktur. Misalnya, “Dear Redaktur majalah X, berikut saya kirim naskah cerpen berjudul ‘bla bla bla’, beserta lampirannya. Terima kasih. Penulis” (sebetulnya, tanpa ada kata pengantar seperti ini pun tidak masalah. Tapi kalau mau ditulis pun tak apa-apa).


4. Pada judul atau subject email, tulis judul yang mencerminkan naskah kiriman Anda. Misalnya, “naskah cerpen - blab la bla”. Ini akan sangat membantu si redaktur untuk mengenali jenis naskah Anda sebelum mereka melihat isinya.


5. Sebagai arsip, jangan lupa isi kolom BCC dengan alamat email Anda sendiri.


Selamat mencoba…^_^


NB: beberapa cerpen ku juga sudah selesai dibuat dan siap kirim. Doain juga ya…

18 komentar:

senja reno

ngulik ngulik dr tadi cuma info ini yang paling jelas...makasi ya kawan.
aku doain juga..

Anonymous

Hy..
Thx ya bwt sarannya..
Aku jga lgi brusaha ngirim cerpen aku ke media..
Mh0n d0anya jga ya..

Ohya, klo mau knjungi jga dnk bl0g aku..
Hehe..

Thx b4.
Rizta.

Anonymous

Hy..
Thx ya bwt sarannya..
Aku jga lgi brusaha ngirim cerpen aku ke media..
Mh0n d0anya jga ya..

Ohya, klo mau knjungi jga dnk bl0g aku..
Hehe..

Thx b4.
Rizta.
(risthalove.blogspot.com)

Anonymous

kolom bcc itu apa yah.... telmi nih thanks... ada info alamat email redaktur majalah nggak .. en kira-kira berapa lama mereka beri jawaban ok atau tidak untuk tulisan kita ???

Andrea Kugy

Soal info alamat email redaktur majalah, silahkan baca di postingan saya yang http://sandtozzz.blogspot.com/2010/01/cara-mengirim-naskah-cerpen-lewat-email.html

Sedangkan untuk kegunaan kolom BCC, itu agar email yang kita kirim, bakalan dikirim juga ke alamat kita (sebagai arsip). Nanti akan saya buat postingan khusus tentang kolom2 CC dan BCC ini.

Soal jawaban, biasanya jangka waktunya paling lama adalah 3 bulan. Jika sampai 3 bulan naskah kita tidak dimuat, berarti naskah kita tidak terpilih dan kita berhak untuk mengirim naskah tersebut ke redaksi lain.

Selamat mencoba ^_^

bun cc

thank yah...

Anonymous

kalau akan dimuat, apakah mereka akan hubungi kita lagi???

riska

ah..berguna banget ini. aku nyari2 tips-tips detail seperti ini sebelum kirim cerpen lewat email... terimakasih ya :p ohiya, file-file yang dikirim, sebaiknya dikompress atau dibiarkan saja satu-satu supaya jelas terlihat?
terimakasih

Firas

boleh saya tau anda udah mengirim cerpen ke majalah apa saja? dan apa alamat e-mail majalah untuk mengirim cerpen itu?
Thanks

fulan

thanks kang......
bermanfaat..

Anonymous

Sip mang.......

key

gimana cara buat cerpennya lewat email

Anonymous

makasih ya atas infonya. sya punya cerpen tapi gak tau gemna cara ngirimnya lewat email. one again, thank u.

tino_siahaan

maaf, emailnya ko gk da y, cara ngirimnya gimn?
kasih tau caranya dong???
thx GBU
facebook saya: tino siahaan full II

ari nurcahya

Gan klo ngirim cerpen di bayar gk sih...
Trus ngirimnya ke mana..
aku pengennya ke BOBO gimana y caranya

elisabet sevryna

boleh gak anak SMP ngirim cerpen?
cara nya yg jelaz gimna? ksih tw donk..!!

nisa

ak jga mau kirim cerpen tpi ak kn msih SMP boleh gak ya minta saran'a dong,ak kn pingin bngt jdi cerpenis yg hebat kyk kk donatus itu loh

ervin ronald strife

semua lampirannya di kirim dalam satu email saja?? mohon penjelasannya, saya seorang awam.

terimakasih.

Post a Comment