Search

Tips Band Menang dalam Festival

Kalian suka nge-band dan pengen ikutan sekaligus menang dalam festival-festival atau pensi? Caranya gampang-gampang susah sih… intinya memang kita harus serius dalam menjalaninya. Tapi ada juga beberapa tips yang bisa mendukung kalian agar bisa mendapatkan nilai plus dari juri:
1. Aransement Baru
Sebagai sebuah band, kita harus punya jati diri dan ciri khas. Kita gak mau kan dicap sebagai plagiat sejati dengan membawakan lagu orang persis sama dengan aslinya? Memang, dalam festival-festival biasanya ditentukan lagu wajib. Tapi juga nggak menutup kemungkinan kita bisa berkreasi sekreatif mungkin. Nggak perlu ngerubah total, tapi kita cukup menambahkan beberapa aransement yang agak beda. Misalkan personel kamu ada yang pinter nge-DJ. Masukin sedikit kan bisa membuat band kita bakalan tampil beda dan menarik perhatian.
2. Pahami Lagu Dan Juri
Ini sesuatu yang sepele dan sering dilupakan. Padahal hal ini merupakan inti penampilan. Kalian nggak mau kan, lagu yang kalian bawakan non-sense alias datar? Salah satu penyebabnya adalah, kita kurang bisa memahami lagu. Prinsip suara vokalis merdu dan skill pengiringnya jago memang benar. Tapi penghayatan juga utama. Jika lagu yang kita bawakan bertema sedih, tapi kita menyanyikannya dengan gembira diiringi musik yang ceria tentu nggak cocok sama sekali. Itu malah membuat penonton merasa aneh dan nggak ikut hanyut kedalam lagu. Ingat, lagu juga punya arti… dan pasti jauh lebih enak didengar kalau kita bisa larut kedalamnya.
Kalau soal juri, mungkin agak susah. Tapi paling nggak, kita harus mencari tahu terlebih dahulu siapa-siapa yang bakalan menilai kita. Satu hal yang perlu diingat, pahami karakter mereka. Jangan sok jago dengan skill jika juri adalah musisi lulusan akademi musik. Karena ini berbahaya sekali. Kesalahan sedikit saja bisa mengurangi nilai kamu. Lebih baik main dengan benar dan sewajarnya. Kalau mau improvisasi, tetap harus pas dan enak didengar.
3. Jaga Mood
Mengelola emosi memang sulit. Apalagi sebagai anak muda yang emosinya masih labil.
Kadang kita merasa gugup, tapi juga kadang terlalu bersemangat pengen unjuk gigi didepan juri, sehingga semuanya malah menjadi diluar kendali. Lebih enak kalau kita main musik dengan hati yang tenang. Rasakan musik itu mengalir dalam darahmu. Cieeee…..
Karena dengan suasana hati yang tenang, hasilnya akan lebih baik. Yang melihat enak, kita juga merasa enjoy. Satu lagi, jika di pertengahan lagu terjadi kesalahan, jangan berhenti. Sesame personil harus saling menutupi. Dengan begitu, kekompakan akan lebih terjaga, dan asal kalian tahu kompak itu merupakan nilai plus lho!
4. Kostum
Boleh aja menarik perhatian juri dengan berdandan seheboh mungkin. Tapi kostum juga mengartikan karakter band kta. Salah kostum bukan hanya membuat kita terlihat lucu, aneh, dan nggak niat. Tapi juga membuat kita tidak nyaman memakainya.
Lebih baik sebelum manggung kita cari referensi band-band yang sudah lebih dulu eksis dan bagaimana cara mereka berkostum. Nggak usah ditiru, tapi paling nggak kostum kita berkarakter dan nggak malah membuat kita terlihat konyol diatas panggung.
5. Berdoa
Ini seh salah satu hal yang utama. Jangan lupa berdoa agar kalian tampil maksimal dan mendapat applause serta nilai lebih dari juri.
Selamat Berjuaaaannnnggg…..!!!

0 komentar:

Post a Comment