Search

Facebook Lite, Fitur Sederhana dari Facebook

Seperti kita tahu, Facebook telah mengeluarkan terobosan baru. Sebuah versi platform terbaru yang lebih sederhana dan inovatif, yang diberi nama Facebook Lite. Seperti namanya, Facebook Lite bisa dibilang merupakan bentuk sederhana dari Facebook yang biasa kita gunakan, tetapi berbeda dengan Facebook Mobile. Jika dilihat sekilas, lebih mirip dengan Twitter. Facebook lite ini diciptakan dengan tujuan agar situs Facebook Lite bisa diakses dengan mudah di negara-negara dengan kapasitas bandwitdh terbatas.
Tampilan awalnya pun sudah berbeda. Dari logo dan tidak adanya fitur mendaftar atau Sign Up (hanya ada Sign In). Entah karena Facebook lite ini masih dalam tahap pengembangan, atau memang kita harus mengakses situs utama jika ingin mendaftar.
Halaman Home, benar-benar berbeda dengan halaman Facebook. Bahkan bisa dibilang jauh lebih bersih. Pilihan menu di kiri atas hanya terdapat menu Profile, Events, dan Inbox, serta di bagian kanan atas terdapat Settings, Logout, dan Search. Fitur Notifications yang pada situs utama Facebook diletakkan di pojok kanan bawah, kini pada Facebook Lite diletakkan di bagian atas. Demikian juga dengan Events dan Friend Requests.
Lalu kemana fitur-fitur lainnya? Jika kita masuk kedalam Profile, akan muncul fitur-fitur yang tidak muncul pada halaman Home. Seperti Wall, Info, Friends, serta Photos & Videos.
Tapi tidak semua fitur-fitur yang ada di Facebook terdapat di Facebook lite. Mungkin karena konsepnya yang cukup simple dan sederhana, sehingga beberapa fitur sengaja dihilangkan (atau mungkin belum disertakan). Fitur-fitur tersebut adalah Chatting, Notes, dan Link Attachment pada status.
Mengingat Facebook Lite tersebut masih dalam tahap pengembangan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat akan banyak perubahan yang terjadi.
Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Post a Comment