Search

Obrolan Tentang “Most Influential People Who Never Lived”

Beberapa waktu yang lalu aku sempet baca sebuah blog yang isinya merupakan opini sang penulis setelah membaca buku “101 Most Influential People Who Never Lived” (halah… ruwet banget sumbernya). Lalu dengan menggebu-gebu aku dan beberapa temanku mendiskusikannya. Intinya sih tentang bagaimana karakter-karakter fiksi, mitos, legenda, televisi dan film telah ikut membentuk masyarakat kita, merubah perilaku kita dan menentukan arah sejarah.
Aku gak tahu data dari buku tersebut valid atau tidak, tapi anehnya orang-orang yang disebut paling berpengaruh itu justru tak ada di dunia nyata, melainkan tokoh fiksi semata.
Mulai dari tokoh-tokoh mitologi Yunani, Pandora, Helen, Odysseus, Midas, Icarus, Hercules, menyebut beberapa di antaranya. Ada juga karakter dari cerita rakyat (folktales) seperti Hansel dan Gretel, Cinderella, atau di kategori legenda ada Robin Hood dan Raja Arthur.
Sementara kategori-kategorinya seperti monster, stereotip, petualangan, kriminal, Americana (Uncle Sam salah satu contohnya, GI Joe juga, pun John Doe), sastra, karakter di fiksi untuk anak-anak (Peter Pan dan Alice), teater, film, emansipasi perempuan (detektif muda Nancy Drew dan Buffy the Vampire Slayer berdampingan dengan Lady Chatterly dan Hester Prynne). Ada pula kategori komik dan animasi (Superman, Bambi, Betty Boop, Mickey Mouse), iklan (Marlboro Man dan Barbie), propaganda (Big Brother, salah satunya), dan televisi.
Jadi penasaran banget pengen baca buku itu… kira-kira Harry Potter ada nggak ya? Hehehhee…

0 komentar:

Post a Comment