Search

Cara Merawat Flashdisk

Pada masa sekarang ini, dapat dipastikan hampir seluruh orang yang bekerja di kantor maupun para pelajar memiliki perangkat untuk menyimpan data. Dengan harga yang juga sudah semakin murah dan memiliki bentuk yang semakin kecil, flash disk telah menjadi pilihan utama untuk digunakan. Sebagian besar orang, mengaku tidak tahu bagaimana merawat flash disk mereka. Bahkan, mereka cenderung menggunakan flash disk dengan asal-asalan. Padahal, caranya tidak begitu rumit dan pasti bisa kita lakukan.
-Jangan taruh flash disk Anda di dekat benda yang memiliki medan magnet kuat. Hal tersebut dapat langsung merusak komponen flash disk Anda.
-Jaga USB flash disk jangan sampai tercelup air. Walau pun ada beberapa flash disk yang diciptakan waterproof, anda tidak perlu dengan bangga mencelup-celupkannya kedalam air, karena tetap saja kemungkinan komponen yang ada dapat terkena air. Apabila komponen flash disk Anda terkena air, tentu saja dapat membuat flash disk Anda cepat rusak. Oleh karena itu, hindari air sebisa mungkin.
-Jangan lupa untuk terus scan virus pada flash disk Anda. Usahakan untuk scan virus dengan antivirus yang paling update. Apabila flash disk Anda terkena virus (kecuali virus perdamaian-nya SLANK), terkadang data yang ada di dalam bisa tidak bisa terbaca. Format merupakan jalan tercepat untuk menyembuhkan flash disk Anda. Tentu data-data yang ada di dalam akan hilang. Anda tidak mau data penting Anda hilang hanya karena virus, bukan?
-Lakukan proses eject atau ‘Safely Remove Hardware’ sebelum mencabut USB flash disk dari port USB. Sama seperti hard disk, flash disk juga akan terus bekerja selama dicolok pada lubang USB. Oleh karena itu, flash disk perlu dihentikan terlebih dahulu sebelum dicabut.
-Jangan letakkan di tempat yang panas atau iseng-iseng membakar Flash Disk anda. Anda tidak mau komponen flash disk tersebut meleleh, bukan?
-Hindari benturan keras.
-Tutuplah bagian socket USB flash disk jika sedang tidak digunakan. Karena, socket yang kotor dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.

Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Post a Comment