Search

Biografi Mbah Surip “Tak Gendong”

Tak gendong..ke mana-mana..Tak gendong ke mana-mana..Enak tau..Hahaha...
Hari ini lirik lagu itu sudah merajalela dimana-mana. Kita pasti sudah nggak asing lagi, bahkan dalam pikiran kita langsung terbesit sosok sang penyanyi, Mbah Surip. Dia-lah seniman yang langsung melejit karena mempopulerkan lagu beraliran regae yang berjudul “Tak Gendong” tersebut. Kita sekarang juga pasti sering banget melihat sosok uniknya di televisi, dengan rambut rasta ala penyanyi reggae dan tawanya yang lepas.
Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Ariyanto adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.
Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997. Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYO (1997), INDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004).
Tak Gendong sendiri ia ciptakan pada 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip lagu ini memiliki makna filosofi tersendiri, yakni belajar salah.

0 komentar:

Post a Comment