Search

Membuat Awan Bergerak Dengan 3dsMax

Jika sebelumnya aku bahas soal gimana caranya buat animasi pohon dari kering kerontang hingga berdaun, kali ini aku mau buat Awan Bergerak. Masih tetep memakai software kesayanganku, si 3dsMax 6. hehehee…

- Buka software 3dsMax (ya iyalaaaahhhhh…)
- Klik Rendering – Environment. Pada EnvironmentMap, None ganti dengan Gradient.
- Buka Material Editor dengan menekan M. Drag ‘Map #1Gradient’ ke Material Editor.
- Buat Awan dengan cara: Create – Helpers – Ganti Standart dengan Atmospheric Apparatus – SphereGizmo
- Buat di Topview, jangan lupa aktifkan Hemisphere
- Buat SphereGizmo lagi ditengahnya dengan ukuran yang lebih kecil
- Buka Environment lagi. Pad Effect klik Add – Fire Effect – Ok. Lakukan 2x, dan bagi masing-masing effect pada 2 gizmo yang sudah dibuat.
- Ubah masing-masing Parameter menjadi seperti dibawah ini:
Gizmo besar : Warna : Putih, abu-abu, abu-abu tua
Stretch : 1,2
Regularity : 0.15
Flame Size : 28,0
Flame Detail : 10
Samples : 20
Phase : 150
Gizmo kecil : Warna : Abu-abu gelap, abu-abu, abu-abu gelap
Stretch : 15
Regularity : 0.15
Flame Size : 30
Flame Detail : 6
Samples : 15
Density : 20
Phase : 150
- Untuk animasi bergeraknya, aktifkan Auto Key, lalu mainkan nilai Phrase.
- Render dalam bentuk Avi atau Targa Sequence (jika ingin diedit dengan software lain)
- Jika kurang jelas, mulailah mencoba kembali dari awal
- Selamat mencoba ^_^

1 komentar:

Anonymous

wah keren nih tutor nya walaupun ga pake gambar...
lain kali bisa gak di jelasin maksud dari stretch nya reguralrity, flame size, Flame detail, samples, phase, density DLL.. biar ga cuma masuk masukin angka aja.... :P
but thanks ya...

Post a Comment