Search

Sebuah Kisah Di Malam Hari (Gaji Pegawai)

Ini sebuah cerita soal dua orang yang sedang mengobrol dari pintu ke pintu (kamar kost maksudnya…), yaitu aku dan temenku… Sambil ditemani sepiring Siomay, kami mulai mengobrol tentang banyak hal (Hal ini biasanya berlangsung sampai kurang lebih 2 jam).
Obrolan kali ini dibuka oleh temenku yang notabene kerja sebagai Admin di sebuah perusahaan. Dia cerita kalo dia ketemu sama seseorang yang bisa dibilang bahagia dan sukses dengan hidupnya. Aku penasaran juga, sukses gimana sih orang itu? Bawa BMW? Bawa Blackberry?... Dia menggeleng pelan, “nggak… dia nggak punya semua itu…” So What? …Begini ceritanya…
Ada seorang bapak-bapak yang menagih ke kantor temenku itu. Mereka sempet mengobrol panjang lebar, dan Bapak itu bercerita tentang hidupnya. Bapak itu bilang gajinya hanya 950 ribu. 900 ribu ia berikan pada istrinya yang ibu rumah tangga tulen, dan 50 ribu ia pakai untuk uang saku selama 1 bulan. Bukan hanya cukup, itu pun dia masih bisa menabung. Biaya hidup sebanyak 900 ribu itu pun masih harus dipotong untuk bayar kost sebanyak 200 ribu. Sekarang, BAYANGKAN???!!!...
Bandingkan dengan harga barang-barang sekarang, biaya sekolah yang lumayan mahal (nggak semua seh, karena adikku terbukti sekolah gratis), kok bisa ya bapak itu mengatur keuangan sedemikian rupa? Emang sih, dia selalu membawa bekal untuk makan siang, bensin ditanggung kantor, dan yang paling penting, dia selalu bersyukur dan menerima apapun yang dimasak istrinya (ck, ck, ck, seorang suami yang baik…).
Dan yang paling menusuk, temenku bilang kalo wajah bapak itu bener-bener cerah dan sumringah. Sepertinya dia sangat bahagia dengan hidupnya.
Ini bener-bener contoh yang baik dan patut ditiru. Semua ini bikin aku sadar dan bercermin, mencoba ngeliat diriku sendiri. Sudah kah aku bahagia dengan hidupku? Kenapa aku tidak membuat diriku sendiri merasa bahagia? Lihat saja Bapak itu, hanya dengan satu hal yang memang cukup sulit untuk dilakukan, yaitu Bersyukur… Dia bisa merasakan kebahagiaan hidup yang sebenarnya…
Satu lagi hal baik yang perlu dipikirkan dan dilakukan untuk hari ini…

NB: THX s**uh, cerita kmu bener-bener mantap!
(semua nilai rupiah dalam posting ini hanya kiasan semata. Kurang lebih nilainya segitu-lah… ^_^)

0 komentar:

Post a Comment