Search

Indonesia Mengandalkan Film Horor dalam Festival Film Internasional

Tahun ini, Indonesia banyak mengikutsertakan film horror dalam ajang film internasional bergengsi, Festival Cannes di Perancis yang rencananya diadakan tanggal 13 – 23 Mei 2009. Karena dari 19 film Indonesia, tercatat 7 diantaranya bertema horror.
Ketujuh film tersebut antara lain : TEROWONGAN RUMAH SAKIT, SUMPAH POCONG, MATI SURI, KERETA HANTU MANGGARAI, KUNTILANAK KAMAR MAYAT, THE REAL POCONG, dan KUNTILANAK 3.
Namun, selain film horror ada juga film bertema drama dan politik yang diikutsertakan. Dalam festival tersebut seperti JAMILA DAN SANG PRESIDEN (politik), KETIKA CINTA BERTASBIH (drama), PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN (drama), dan JANDA KEMBANG (drama komedi).
Film AYAT AYAT CINTA yang sebelumnya pernah meraih penghargaan tingkat Internasional juga diikutsertakan juga.
Film Indonesia lain yang juga dipromosikan dalam festival film Cannes, yakni KALLA, APA ARTINYA CINTA, EIFEL ..I AM IN LOVE, SEPULUH, BUKAN CINTA BIASA dan QUEEN BEE.
Memang sekarang sineas Indonesia sedang berlomba-lomba menunjukkan kualitasnya. Terbukti produksi film Indonesia dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Pada 2005 produksi sebanyak 33 judul, tahun 2006 ada 34 judul, tahun 2007 ada 53 judul, tahun 2008 ada 87 film, tahun 2009 hingga Mei telah mencapai 26 judul.
Tapi menurutku sayang banget kalo film-film berkualitas seperti film GENERASI BIRU, AYAT-AYAT CINTA, dan LASKAR PELANGI nggak selalu diproduksi. Sekarang malah film-film horror (yang temanya hampir mirip) yang mendominasi bioskop Indonesia. Kapan ya bangsa kita bisa punya ide orisinil sendiri tanpa harus selalu ngekor dan ikut-ikutan kesuksesan orang lain??? Yah, ini cuma opini sih…Menurut kalian gimana?...

0 komentar:

Post a Comment